Agung Mas Hotel Klasik Jogja

HOTEL KLASIK JOGJA DENGAN KONSEP TRADISIONAL JAWA: AGUNG MAS HOTEL

 “Agung Mas Hotel mengusung konsep tradisional Jawa. Hotel Klasik Jogja ini begitu memukau mulai dari desain bangunan luarnya, hingga bagian dalamnya, serta fasilitas yang ada di sana. Semuanya terasa Jawa banget.”

Jogja Rasa Bali..
Jogja Rasa Lombok…
*Pedess dong. Haha, canda!

Buat saya, Jogja ya Jogja. Kesederhanaannya nggak bisa tergantikan dengan apapun… Menurut saya, Jogja itu harus dinikmati dengan rasa Jogja, bukan rasa yang lain… Apalagi rasa yang tersisa buat mantan #halah. Gaya klasik memang tak pernah lekang oleh waktu. Meski nampak jadul alias vintage, gaya klasik selalu memiliki penggemarnya tersendiri… Kalau kamu lagi cari Hotel Klasik Jogja, saya punya rekomendasi hotel yang Rasa Jogja BANGET. Namanya Agung Mas Hotel, hotel ini hadir untuk memanjakan liburan kamu dengan desain interior klasik nan elegan, kental bernuansa tradisional.

 

SUASANA NYAMAN HOTEL KLASIK JOGJA

 

Hotel ini mengusung konsep tradisional. Rasa Jogja sudah terasa sejak memasuki halaman AGUNG MAS HOTEL. Paving block bercorak Batik Kawung, berwarna merah hitam, menutupi halaman depan hotel. Corak Batik Kawung ini ternyata juga menghiasi sudut-sudut interior di bagian dalam hotel. Bakal sya ceritakan nanti, di artikel selanjutnya. Halaman depan hotel terkesan asri dengan hadirnya beberapa pohon-pohonan.

Ada semacam area bersantai gitu, nggak begitu besar sebenarnya. Tapi terkesan cukup asri dan teduh meski berada di pinggir jalan. Mungkin karena ada beberapa pohon dan tanaman itu kali yaa… Ada bangku-bangku bergaya klasik, cocok dengan tema hotelnya. Bisa duduk santai di sini nih, bisa sambil baca buku juga. Nah, spot ini bisa jadi spot foto yang instagramable, loh. Tinggal cari angle yang tepat, ya…

 

 

NUANSA KEJAWEN MEMBALUT KESELURUHAN AGUNG MAS HOTEL

 

Saat pertama kali memasuki ruangan, nuansa kejawen langsung terasa menyentik tubuh yang lelah…

Konsep homey dengan furnitur dan detail pernak-perniknya ala Jawa. Rasanya Jogja Banget! Nyaman dan seperti rumah idaman… Pintu masuk beraksen ukiran khas Jawa, menyambut ramah tiap tamu yang datang. Seolah mengajak para tamu menyelami ruangan bergaya jawa klasik itu. Ubin menggunakan motif klasik yang unik nan cantik.

Seperti rumah-rumah klasik Jawa, ada meja kokoh dengan vas dan bunga di atasnya, serta cermin mewah di dinding. Bisa loh selfie di sini, saya juga ada dokumentasi selfi di sini, nanti aku tunjukin, ya… Lobi dan resepsionis area tak kalah dari dekorasi tradisional jawa banget. Restoran ada di lantai yang sama, dan bersebelahan dengan lobby dan resepsionis area. Hanya dibatasi oleh partisi berupa meja dengan pernak-pernik uniknya.

Staf Agung Mas Hotel ini super ramah. Mulai dari Pak Satpam yang pertama kali menyambut saya di depan, lalu menawarkan untuk membantu memarkirkan motor saya (saya jadi leha-leha nggak usah repot markirin motor. Staf di resepsionis dan restoran juga nggak kalah ramah, dengan unggah-ungguh khas Jogja. Do you know unggah-ungguh? Itu adalah tata sopan santun dalam bersikap dan berperilaku, Gaes…

 

 

HOTEL KLASIK JOGJA PUNYA BANYAK SPOT INSTAGRAMABLE

 

Lagi-lagi dekorasi restorannya bernuansa jawa. Tapi kalau menurut saya, kesan restonya jadul banget, −dibandingkan kesan klasik. Barangkali kesan itu muncul karena penggunaan meja-meja bundar yang besar, dan kursi dengan cover berwarna coklat muda. Jadoel banget, ya allah… Tapi, justru buffet areanya klasik banget, saya suka banget.

Kalo’ nginep di hotel tuh sekalian nyari spot instagramable, ya nggak sihh???
IYALAH! Biar hits di Instagram, dong. Don’t worry… Di Agung Mas Hotel Yogyakarta, ada banyak spot tempat kamu foto dan mengabadikan kenangan pernah nginap di hotel klasik jawa ini… Saya jarang melewatkan setiap sudutnya untuk spot foto~

Saya bakal spill beberapa spot fotonya, ya. Serius happy banget, di hotel sederhana ini ternyata ada spot foto ketje.

 

 

“Menginap di Agung Mas Hotel bisa jadi pilihanmu ketika datang ke Jogja. Terutama bagi kamu suka suasana vintage~ akan dimanjakan dengan suasananya yang begitu bersahabat…”

Salah satu interior tradisional jawa, di lobby area, adalah salah satu spot keren yang enggak boleh kamu lewatkan…

 

#

 

YUK! INTIP KAMAR TIPE SUPERIOR ROOM AGUNG MAS HOTEL

 

“Seneng banget, ketika staycation di hotel klasik jogja ini, saya dapet free welcome treatment, berupa welcome cake & beverage: kek cokelat dan minuman.”

Waktu saya staycation di AGUNG MAS HOTEL, saya menginap di Kamar Tipe Superior Room. Pintu dan kunci kamar ini masih konvensional. Belum pakai smart card lock, jadi masih pake kunci biasa. Tapi it’s okey, toh tetep bisa dikunci, dan di bagian dalam ada pengaman pintu door guard.

 

Dekorasi kamar ini cukup simple, tetap bernuansa jawa klasik. Terlihat dari adanya dekorasi bercorak batik kawung di headboard di bagian dinding, dan lampu klasik di kanan kiri tempat tidur. Kamarnya cukup luas, dengan tipe tempat tidur king bed. Untuk sprei dan cover bed-nya agak beda nih dengan hotel lainnya. Biasanya berwarna putih, di sini warnanya perpaduan cream dan maroon.

Fasilitas dalam kamarnya ada AC dan TV. Biasa tuh, begitu masuk kamar, saya selalu ceki-ceki AC. Aman ya, dingin dan nggak berisik… Saya harap sih hotel ini terus mempertahankan kinerja engineer-nya dalam hal pemeliharaan teknis. Jangan sampe tamu bete karena ac nya panas dan berisik… Kalo’ saya nemu ac kamar hotel yang panas dan berisik, biasanya langsung blacklist… #JAHARAEMANG. Biasanya nggak mau balik (nginep) lagi di sana, pun nggak mau rekomendasikan ke temen…

Di kamar, juga ada lemari dengan laci dan kaca yang letaknya di dekat pintu. Ada meja dan kursi kerja yang nyaman.

 

 

FASILITAS KAMAR SUPERIOR

 

Hotel ini menyediakan dua botol air mineral cuma-cuma. Hotel ini juga menyediakan pemanas air, atau water heater yang biasa ada di hotel bintang itu loh. FYI, Gaes… Hotel ini memang bukan hotel populer di Jogja, malahan cenderung underrated. Tapi nggak nyangka kan, ternyata fasilitas hotel dan kamarnya nggak kalah dengan hotel berbintang.

Malahan, ada hotel bintang dua atau tiga nggak menyediakan water heater loh. Padahal kalo’ hotel bintang tiga, empat, dan lima, rasanya wajib menyediakan water heater di dalam kamar ceunahKarena ada water heater, jadi bisa bikin kopi atau teh… Kopi dan teh juga disediakan oleh hotel. YAKALI NGGAK DIKASIH 😀 😀 😀

Oh, ya. Kemarin, saya juga dapet special treatment, berupa sambutan welcome cake & beverage. Seneng banget deh! Kalau laper tapi mager, kalian bisa pesan makanan di resto aja. Tinggal telepon… Menunya Jogja banget loh, pilihannya pun macam-macam. Harganya juga terjangkau, dan porsinya banyak…

Kemarin aku pesen ayam geprek jogja, yang mana ayamnya asli jogja -diterlukan, dieramkan, ditetaskan, dan dibesarkan di Jogja #HALAH. Seporsi ayam geprek, isinya nasi, ayam goreng, +plus tahu tempe, lalapan, dan krupuk. Samel bawangnya josss, bikin nagih…

 

#

KAMAR MANDI

 

Untuk kamar mandinya gimana?

Ada bathtub-nya dong! Lagi-lagi saya merasa surprising sama hotel ini. Mana lagi hotel seratus ribuan yang ada bathtub-nya cobaaa??? Di kamar superior pula… Amenities yang disediakan ada handuk mandi, handuk lantai, pasta dan sikat gigi, sabun & shampoo.

#

SUGENG ENJING~ MONGGO SARAPAN…

 

Restoran di hotel ini memang nggak terlalu besar. Tetapi aksen jawa masih melekat pada furniture dan dekorasi ruangannya. Mulai dari meja, kursi, hingga pajangan, dan hiasan dinding.

Sarapan yang disajikan di Agung Mas Hotel ini sederhana banget, sarapan prasmanan dengan menu ala rumahan. Eh, enggak deng… Cita rasanya masakannya seperti catering di buffet manten-manten. Ada nasi, sop, sayur, bakmi, lauk, dilengkapi dengan kerupuk dan buah. Untuk minumnya standar aja, ada kopi, teh, dan air mineral.

 

#

 

LOKASI DAN BANGUNAN AGUNG MAS HOTEL

 

Hotel ini berdiri tegak di Jl. HOS Cokroaminoto No. 108, Tegalrejo, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta, DIY. Lokasinya ada seputaran kota, bagian barat. Cukup dekat dengan Malioboro, tapi nggak dekat-dekat banget sih. Perjalanan kira-kira 5 – 10 menit, harus mutar jalan dulu soalnya. Jalan ke Maliboro agak ribet ceunah, banyak jalan searah.

Bangunan AGUNG MAS HOTEL berlantai tiga. Walaupun nggak menjulang, tapi hotel ini cukup menarik perhatian, sih… Soalnya bentuk bangunannya beda sama bangunan di sekitarnya, apalagi dengan cat putih dengan halaman depan yang asri. Walaupun cuma berlantai tiga, tapi hotel ini ada liftnya loh. Tipe lift-nya semi apollo gitu loh, yang transparan dan bisa melihat ke arah luar. Cakep deh!

Kalo’ kalian males naik tangga, kalian bisa naik lift aja untuk naik ke lantai dua atau tiga. Kalo’ saya trimo naik tangga aja, Kak. Soale tanggane estetik juga, pegangannya dari kayu, ubinnya juga motifnya lucu… Dan lagi-lagi ada aksen corak batik kawung-nya.

 

 

Lalu di lantai 2 ada terrace yang cukup besar, dan ada tempat duduknya juga… Pemandangan melihat ke arah jalanan… Spot foto di sini juga tjakeupp. Saya so pasti foto di sini juga dong #BANGGA. Sayangnya, teras ini nggak ada atapnya, jadi nggak bisa nongki pas hujan… dan tetap kepanasan saat matahari terik. Seandainya teras ini ada atapnya, boljug nih. Buat tempat nongki…

Di bagian dalam hotel, di sudut-sudut hotel (ternyata) ada semacam living room. Bisa dimanfaatkan sebagai tempat ngobrol, atau ruang buat menerima tamu dari luar, ketika kamu sungkan mempersilakan tamu masuk ke kamar.

Spot ini nggak cuma satu tapi ada beberapa tempat, sepertinya di setiap lantai ada… *saya cuma eksplorasi lantai satu dan dua, sih. Beberapa konsep hotel ini tuh mengingatkanku dengan Hotel Tickle Jogja. Mulai dari warna sprei & cover bed, sampai living room ini… Eh ternyata usut punya usut, memang satu owner. Ya pantesan terasa familiar…

 

 

Tangga Estetik di Hotel Klasik Jogja

WIFI GIMANA WIFI???

Kamar saya ada di lantai 1, dan terjangkau oleh wifi, dan kecepatannya cukup stabil, sih. Saya pakai wifi itu cuma buat buka-buka sosmed, dan nggak ada masalah, lancer banget malah. Sorry banget, saya nggak coba wifi untuk kerja, #EMANGNYA KALIAN, kerja sambil staycation EH.

*

HARGA AGUNG MAS HOTEL

 

Kalian pasti penasaran kan, berapa rate kamar di Agung Mas Hotel???

Jadi di hotel ini ada tipe kamar Standar Room, Superior Room, dan Family Room, -yang bisa buat sekeluarga, atau nginep ramean bareng temen. Bandrol Standar Room sekitar Rp100 Ribuan, Bandrol  Superior Room sekitar Rp200 ribuan, Bandrol Family Room kurang tahu ya, kayaknya ada special price.

Kenapa saya selalu menggunakan kata sekitar, karena harga hotel itu memang bisa berbeda-beda, Gaes. Menyesuaikan dengan season, kalo pas high season (seperti musim liburan) barangkali harganya lebih kompetitif dibanding pas low season (hari-hari biasa).

 

 

GIMANA, UDAH KANGEN JOGJA?

Pesen tiket pesawat/kereta ke Jogja, cepetan. Langsung cusss! Aku tunggu kamu di Jogja, eksplore Jogja…

 

#

ALAMAT AGUNG MAS HOTEL YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto No. 108, Tegalrejo, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta, DIY.

[ Map ]

Untuk tempat parkirnya cukup terbatas, Gaes. Karena lahan hotelnya sendiri nggak terlalu besar. Untuk mobil cuma muat 2 – 3 mobil. Tidak ada basement… Mungkin karyawan akan mengarahkan ke tempat lain jika parkiran penuh. Dan untuk parkiran motor ada, tapi kurang leluasa juga. Muat sih buat belasan sampai dua puluhan motor…

 

#

− Rifia Nisya / Hotelicius –

Foto : Shinta Wuri Handayani

Agung Mas Hotel Yogyakarta, Oktober 2021.

More photo & story about Agung Mas Hotel? Search with hashtag #hoteliciusxAgungMasYK

 

Comments

  1. Suka sama desain tradisionalnya nih, sepertinya suasananya juga enak. Harganya juga cukup murah. Kalau ke Jogja bisa jadi pilihan yang recommended buat tempat menginap

  2. Sukakk model hotel unik khas jawa gini, salah satu solusi kl jadwal padet pilih hotel yg minim fasilitas buat anak bermain tp kl staycation bagus yg byk fasilitas bermain anak

  3. Kadang saya pun kalau nginap di hotel suka lihat spot spot yang instagramable sih. Selain biar ada kenang kenangan untuk foto juga bisa diulas di blog tentunya. Semoga bisa ke Jogya agar bisa nginap disini

  4. Kangen Jogja? Kangen laah 😆 untuk superior room 200 ribuan masih terjangkau ini. Tempatnya Instagramable lagi, semoga bisa nginep di Agung mas hotel bareng keluarga, aamiin!

  5. Aku surprised aja hotel nya ada bath tub dan dikasih welcome cake segalaaaaaa. Yg mana itukan biasanya bintang 4 bahkan 5 doang. Kereeeen sih ini mba. Aku suka designnya yg kayu dan Jawa. Berasa kayak rumah. Mungkin Krn rumah keluargaku juga kayu2an Yaa, jadi memang suka aja ngeliat design ruangan begini.

    Ini pasti kalo aku ada plan stay agak lama di Jogja, aku cek deh. Apalagi ada bath tub gini anak2 mah pasti suka

  6. yang klasik begini pasti sudah susah dicari karena semuanya suka dengan interior simpel minimalis. Aku bakalan suka nih dengan detil detil seperti ini. kalau yang ada temanya biasanya boutiq hotel. ini harganya pas juga ama kantong ya

  7. Asyiknya ya suasana hotelnya ya Jogja banget jadi berasa sedang liburan Jogja aih jadi kangen Jogja ey aku belum kw luar kota lagi nih semoga makin anan jadi bisa tenang bepergian aamiin

  8. Bagus banget nuansa hotelnya. Kayaknya bakal nyaman kalau nginap di situ. Tapi kalau babang suami mungkin kurang suka karena dia endak tertarik model klasik begini. Hhhhmmm, tapi aku suka banget.

  9. Terpukau sama spot fotonya, kak..
    Juara banget ambil angle dan ambiancenya.
    Harga terjangkau dengan fasilitas lengkap bisa jadi hotel rekomendasi ketika berlibur ke Agung Mas Hotel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *