MANJAKAN LIDAH DI BUFFET RESTORAN HOTEL NOVOTEL SUITES YOGYAKARTA MALIOBORO

Novotel Suites Yogyakarta Malioboro

Breakfast Experience at Luxury Hotel in Town

Novotel Suites Yogyakarta Malioboro berlokasi strategis di jantung Kota Yogyakarta. Hotel yang terbilang baru ini punya restoran yang menyajikan hidangan sarapan dengan konsep buffet yang dapat dinikmati all you can eat. Memang, hotel berbintang kini tak hanya menawarkan tempat menginap yang nyaman. Mereka umumnya juga punya fasilitas restoran mewah yang siap memanjakan selera. Begitu juga di hotel yang satu ini, Sahabat Hotelicius dapat mencicipi aneka hidangan lengkap.

Tempo waktu, saya, bersama Mba Rere Riandika, salah satu Sahabat Hotelicius (yang juga seorang hotel reviewer), sengaja mengunjungi hotel ini. Di perjumpaan perdana ini, kami mengagendakan untuk breakfast bersama.

Sebenarnya, Mba Rere-lah yang pertama kali mencetuskan untuk sarapan di Novotel Suites Yogyakarta Malioboro. “Ayok coba sarapan di hotel baru,” ajaknya, seketika saya meng-iya-kan. Secara, kami sudah beberapa kali menunda jadwal pertemuan kami. Cuma karena bingung menentukan mau sarapan di hotel yang mana, elahh… Saya dan Mba Rere bertemu pada awal Maret 2020, saat itu belum merebak Covid-19, ya. Saat itu, hotel sudah menerapkan standar operasional prosedur yang cukup ketat. Saat tamu akan masuk area hotel, wajib cek suhu tubuh dan menggunakan hand sanitizer yang disediakan. Baru boleh masuk deh…

Karena udah cek suhu tubuh dan pake hand sanitizer, yuk langsung masuk ajah… *berasa yang punya hotel >.<

#

Food Exchange & Gourmet Bar

Food Exchange & Gourmet Bar, Offer Various Ambiance and Appetizing Cuisine

Saya langsung terkesima begitu masuk area restoran Novotel Suites Yogyakarta Malioboro, yang diberi nama Food Exchange & Gourmet Bar. Sejujurnya saya baru tahu nama restoran dan bar hotel ini setelah searching di instagram. Hahaha! Waktunya pun terpaut jauh setelah saya pulang dari sana, tepatnya saat saya akan menulis review ini *LOL.

Karena saya hanya makan di restorannya, ̶tidak minum di bar, maka saya akan fokus mengulas restoran dan hidangan yang disajikannya, dibandingkan mmengulas bar-nya, okey? Sebelum bahas menu makanannya, saya akan memberikan sedikit gambaran nuansa dan suasana di sana.

Seating The Restaurant and Bar

Restoran dan bar yang berada dalam satu area ini mengusung desain yang elegan dan modern, berpadu menjadi satu. Luasan area ini cukup besar dan lega, Gournet Bar berbentuk cubic tepat berada di tengah area resto. Desain bar-nya sedikit bergaya industrial, walaupun tampilan akhirnya elegan. Saya sangat suka dengan detail finishing-nya, rapi, terutama di bagian langit-langitnya.

Ornamen juga diperhatikan dengan detail, misalnya lampu. Dalam satu ruangan menggunakan desain lampu yang berbeda. Namun tetap selaras, malah menambah kesan artsy. Kemudian yang bikin saya terksima lagi adalah detail hiasan yang dipajang di rak bagian atas dapur. Iya di bagian atas ada tempat pajangan, dan mereka pajang bahan makanan dengan kemasan unyu-unyu. Yah, sayang, saya nggak motret bagian itu…

Suasana dan Nuansa Bar dan Restoran

Di resto ini ada banyak meja dan kursi dengan desain yang berbeda-beda. Ada meja panjang besar kokoh yang terkesan mendominasi, meja tersebut merupakan buffet utama tempat display aneka hidangan yang disajikan. Restonya sendiri konsepnya open kitchen, berbentuk L. Pengunjung dapat melihat aktivitas chef dan proses memasak di dapur. Saat saya berkunjung ke sini, beruntung dapurnya pas dibuka. Karena, ternyata (tirai) dapurnya belum tentu dibuka, gengs. Menyatu dengan kitchen, ada tempat display hidangan. Bentuknya mengikuti dapur yang berbentuk L.

Oh ya, saya belum cerita, resto dan bar ini terdiri dari dua seating area, yaitu indoor dan semi-indoor. Jika kurang leluasa makan di dalam ruangan, Sahabat hotelicius juga bisa makan di ruang terbuka yang tak kalah nyaman di seating semi-indoor. Ruangan semi terbuka ini juga cukup nyaman. Saya dan Mba Rere memilih makan di seating semi-indoor. Alasannya simple sih, biar bisa dapat real light alias cahaya ilahi, hehehe. Karena kami bermaksud foto-foto makanan yang kami makan.

Karena pada seating area ini diperbolehkan merokok, jadi konsekuensi jika makan di seating ini ya akan terpapar asap rokok.

#

All Things Delicious Breakfast Menu

Saya melihat, memang resto ini menyajikan hidangan makan pagi yang lengkap. Berkonsep all you can eat, ada banyak menu disajikan. Mulai dari makanan pembuka, menu utama, dessert penutup, hingga camilan lezat. Saya sangat tertarik dengan menu breakfast ala barat, jadi pada blogpost kali ini saya akan cerita lebih banyak tentang menu-menu western, ya.

Sebelum menyantap makanan utama, seperti biasa saya mendahulukan makan beberapa potong buah segar dan meneguk jus sayur atau buah.

Nisya Rifiani & Rere Riandika

Western Menu

Di buffet utama terhidang aneka menu sarapan bergaya western. Mulai dari aneka sereal, yang dilengkapi dengan susu beraneka rasa. Selain 3 pilihan sereal, yaitu corn flakes, wheat flakes, dan rice chrispy, ada pula oatmeal dan raisin, muesli, granola, multigrain, honey stars, mix dry fruits (buah kering). Bila biasanya hanya tersedia susu segar saja, hotel ini menyediakan tiga jenis susu yaitu susu segar (putih), susu cokelat, dan susu strawberry.

Saya jarang banget sarapan dengan sereal atau oatmeal, ̶kecuali kalau lagi (((diet))), jadi saya pilih menu lainnya. Tapi Mba Rere memulai sesi sarapan dengan semangkuk mix sereal ini.

Sahabat Hotelicius yang mengikuti blog post saya di blog www.hotelicius.com atau instagram post saya di instagram @hotelicius pasti tahu kalau saya tidak pernah melewatkan salad sayur saat bersantap di hotel. Display salad sayur di hotel ini menarik banget, beragam sayuran ditata pada display berbentuk bundar. Item salad sayur ini sendiri cukup lengkap, mulai dari wortel, tomat, paprika, selada, ketimun, kol ungu, selada air, hingga bawang bombay, semuanya masih segar.

Salad sayur dilengkapi dengan banyak dressing & condiment. Ada banyak pilihan saus *kalau saya nggak salah ingat ya. Bahkan condiment-nya ada acar ketimun! Tapi saya selalu setia dengan saus salad favorit saya, yaitu thousand island. Di salad bar ini tersaji juga salad buah dan salad kentang. Karena kedua salad sudah disiapkan, maka tamu bisa langsung mengambilnya, tidak perlu meraciknya sendiri. Asyiknya, di sesi sarapan ini tersedia 4 macam jenis keju.

#

“Pengalaman sarapan pagi di hotel ini berkesan banget bagi saya.”

Jangan lewatkan makanan utama ala western ini, wajib dicoba! Dari awal, saya memang penasaran banget dengan menu-menunya. Yuk, kita lihat #isipiringku..

Ada baby potato sebagai asupan karbohidrat, dibelah jadi dua bagian, dimasak dengan bumbu minimalis. Rasanya gurih asin, ada sedikit rasa bumbu, tekturnya pas. Unsur protein nabati ada jamur champignon dan baked bean dimasak masing-masing. Rasa keduanya enak, sesuatu yang baru sih buat saya. Apalagi baked bean yang dimasak dengan saus, bagian luarnya utuh tapi dalamnya lembut. Fix! Saya suka…

Satu lagi menu yang mnggak pernah kelewatan saat makan di hotel, chicken sausage (sosis ayam) dan/atau beef sausage (sosis sapi). Dan keduanya ada di sajian sarapan Novotel Suites Yogyakarta Malioboro. Harusnya aku pesen omelet (atau akrab dengan nama telor dadar gulung) atau sunny-side (yang ini populer dengan sebutan telor ceplok). Iya, Sahabat Hotelicius bisa memesanya di kitchen.

Bagi yang biasa sarapan dengan roti, jangan khawatir, karena restoran ini juga menyediakan aneka roti. Mulai dari roti tawar, Sahabat Hotelicius bisa mengombinasikannya dengan orange marmalade, strawberry jam, peanut butter, atau unsalted butter yang disediakan. Tersedia pemanggang roti, kalau mau ada efek gosong-gosongnya gitu, tapi manggang sendiri ya. Selain itu ada classic bagguete, muffin, danish, croisant, soft roll, berliner (roti manis dengan taburan icing sugar di atasnya), dan brioche (roti manis yang lembut dengan rasa gurih dan tekstur empuk).

Saya dan Mba Rere mengambil beberapa roti untuk menemani kami ngobrol usai sarapan.

Sajian di Restoran Hotel Novotel Suites Yogyakarta Malioboro

#

Berapa rupiah yang harus ditebus untuk menikmati sarapan di Food Exchange & Gourmet Bar Novotel Suites Yogyakarta Malioboro?

Harga Breakfast All You Can Eat : Rp 150.000,-.

Tapi, kami berdua dapat potongan harga sebesar 30%

Breakfast tersedia pukul 06.00 – 10.00.

#

Nusantara Food

Mau santap selera lokal? Hotel Novotel Suites Yogyakarta Malioboro juga menyajikan masakan nusantara.

Masakan Indonesia di-display di dekat dapur. Biasanya, menu breakfast di hotel disediakan dua macam nasi. Saat saya sarapan di Hotel Novotel Suites Yogyakarta Malioboro, menyajikan nasi goreng rempah *kalau nggak salah inget, dan nasi kuning. Keduanya disajikan beralaskan daun pisang, membuat nasi menjadi lebih harum. Di Indonesia, nasi kuning selalu dilengkapi dengan ubo rampe yang meriah banget. Begitu juga di hotel ini, sebagai pelengkap nasi kuning, aneka lauk pendampingnya disajikan. Seperti ayam goreng rempah, telur dadar gulung, kentang balado, mie kuning. Oiya, ada soto ayam dan bubur ayam Jakarta, loh. Racik sendiri sesuai seleramu…

Akhirnya saya tergoda juga mencicipi menu nusantara. Saya mengambil nasi goring rempah dalam porsi kecil, dan beberapa lauk-pauknya. Rasanya sih, enak, cukup mengingatkan saya dengan masakan ibu di rumah.

Konon orang Indonesia itu nggak bisa makan tanpa sambel dan kerupuk! Jangan khawatir, gengs, di sini tersedia aneka sambal, dan tentu saja aneka kerupuk!

#

Jamu Station, Traditional Herbal Drink

Hotel berbintang kini banyak yang menyediakan jamu. Begitu juga dengan hotel ini, yang menghadirkan jamu station. Tampaknya ingin mengembalikan image jamu yang identic dengan mbok-mbok jamu. Jadi jamu station ini dijaga oleh mbak-mbak, yang memakai kebaya tradisional. Saya mencoba salah satu jamu, kunir asam. Rasanya memang tidak autentik seperti yang dijual mbok-mbok jamu beneran..

Puas menyantap makanan utama, jangan lewatkan aneka dessert. Deretan buah-buahan memenuhi satu stall khusus. Ada beberapa jenis dessert yang dapat dinikmati sepuasnya, bubur manis dan jajan pasar ala jogja.

Untuk pilihan minumannya ada teh dan kopi, aneka juice dan infuse water, dan air putih, disediakan air hangat. Kalau saya fix ambil aneka jus, *yang beberapa macem ituh, hahaha.

Usai sarapan, aku masih berbincang dengan Mba Rere, ditemani dengan teh dan aneka roti manis. Meski ada beberapa dessert, tapi aku tidak mengambilnya. Karenaaa saya udak nggak sanggup makan lagi… *lambaikan tangan ke arahmu…

#

LOKASI / ALAMAT

FOOD EXCHANGE & GOURMET BAR

HOTEL NOVOTEL SUITES YOGYAKARTA MALIOBORO

Jl. Malioboro No. 52 – 58 Yogyakarta

[ Map ]

#

For Collaboration or Bussiness Inquiry, email : rifiani.nisya@gmail.com

‒ Teks : Nisya Rifiani / Tim Hotelicius –

:: Don’t copy any materials in this blog without permission ::

 

Baca Juga :

Pengalaman Makan Siang di ROCA Hotel Artotel Yogyakarta

Comments

  1. Akupun kalo sarapan di hotel pasti milih salad dulu, tp cendrung LBH suka vinnagraitte utk dressing. Novotel pilihan menuny memang yahuud lah. Aku pernah stay di Novotel Jakarta dan solo. Ga prnh kuatir Ama kenyamanan dan rasa makanan kalo udh stay di sini :D.

    Hotel2 dlm jaringan Accor mah udh best quality :).

  2. Kalau Novotel ini saya sih ga ragu lagi k, hihihi saya sering kalau rapat luar kota ngadainnya di sana. Disamping itu, Novotel emang udah terkenal makanannya enak-enak banget, sukses banget Novotel bkin konsumen betah. hhihi

  3. Hotel di wilayah yogya sebagian besar memberikan kenyamanan dan fasilitas lokal yang mampu menarik pengunjung, apalagi hotel yang diulas memilik jamu station.. bisa minum minuman herbal

  4. Beberapa kali ke Malioboro tapi belum liat hotel ini. Atau mungkin saya nggak ngeh ya ? Eh btw kalau cuma sarapan doang gak nginep bisa ya di hotel ?

  5. Elah mba, dibaca pas jam makan siang aku jadi ikut laper. Menu komplit, bisa makan menu bule sampai njamu. Harganya pun terjangkau ya. Pasti kenyang bgt. Btw, ini mba Nisya yang pernah ketemu di event jmc bukan sih? Kupenasaran dari dulu. Lihat foto kamu kok jadi yakin. Tapi bener ga sih 🙈

  6. Nis, hotel ini apa hubungannya dengan Novotel Sudirman? Jujur aja yang Novotel Suites ini aku belum pernah mampir. Jadi penasaran deh sama menu-menu yang terpajang disini 🙂

  7. Salah satu pertimbangan memilih hotel adalah restonya, dan makan DI BUFFET RESTORAN HOTEL NOVOTEL SUITES YOGYAKARTA MALIOBORO ini sepertinya menarik ya, apalagi lihat menu2 nya haduh buat ngiler hehe
    Tq infonya

  8. Artikel ini racun banget bagi saya mbak haha jujur saya suka jalan-jalan dan makan, jadi penasaran pake banget mba sama novotel ini. Terakhir menginap di salah satu hotel di Jakarta, cuma makanannya harus bikin sendiri sih jadi agak lama dan mikir. Kapan-kapan kalo ke jogja siapin uang saku lebih lah buat mampir sarapan ke hotel novotel xixixixi

  9. Paling suka breakfast di buffet dengan menu-menu tradisional plus camilannya banyak. Duh merdeka banget. Ini suasananya Novotel oke punya ya. Terang benderang, semangat, makanannya juga enak-enak.

  10. Wahh design Interior nya keren banget, baru tau kalo di hotel ini ada sarapan all you can eat cukup murah juga 150ribi udah bisa makan sepuasnya dan menunya juga lengkap dan menarik banget liat fotonya aja jadi ngiler hehee, next time mau coba deh kalo lagi mudik hehe

  11. Toss..saya enggak akan melewatkan salad segar kalau sarapan di hotel. Dan Novotel Suites Yogyakarta dengan sajian sarapan komplit dan beraneka tentu bakalan ga bikin bingung tamunya. Semua pilihan ada, mau Nusantara atau Western tersedia. Dan yang paling kusuka ciri lokal sekarang ada juga di minuman, ya jejamuan sudah tersedia di hotel berbintang

  12. Makannya bikin ngiri ya mbak. enak enak banget kayaknya menu di hotel. fotonya bagus lagi. wuih mau juga dong diajakin. hehe

  13. Aduh, mbak harus bertanggung jawab, saya jadi ngiler dengan foto-foto makanannya, sayangnya Jogja jauh dari sini. Tapi bisa jadi referensi tempat makan atau sarapan kalau ke Jogja nanti lah ya

  14. Novotel jangan diragukan lagi kak the best buffetnya, tapi aku kalau ada acara dari kantor sie wkwkwk, lumayan daoat diskon ya , nanti kalau ke yogya bolelah sekali2 ke novotel sendiri wkwk. Bikin laper foto makanannya.

  15. asyik kalau menu jamu ya, walau rasanya agak beda dengan jamu yang dijual di luaran.

    Hihi… menu makannya banyak, nyicip dikit-dikit lama-lama jadi kenyang juga ya mbak

  16. Aaaa mauuuu. Makananya keliatan enak2 bgt mbakkk. Duh kl mudik ke jogja kudu bgt mampir sarapan di novotel, eh tp nunggu kororo pergi dr bumi dulu. Huhu
    Mayan 150rb trus dpt diskon 30%😅

  17. Wah wah wah reviewnya bikin laperrr ni. Yg pasti klo sarapan di hotel, omelette sama beef sausage gak boleh ketinggalan donk ya. Dhika juga di Jogja nih mba. Sepertinya harus di coba kalo nanti kita udah boleh keluar rumah ya. Celebrate free from Corona cucok deh kayaknya di sini😍

  18. Akhir tahun kemarin sempet lewat kesini. Sayangnya gak bisa booking karena penuh reservasinya. Ternyata rugi ya kalo tahu asyik begini di Novotel Suites, mesti booking jauh-jauh hari kalo gitu.

  19. Pengen banget bisa ke Yogya. Pengen ke Masjid Jogokariyan yang terkenal seantero Indonesi itu. Pengen ke UGM juga. Ah, banyak banget destinasi bagus pastinya di sana ya, Mbak.

  20. Ini kunjungan pertama saya ke blognya mbak. Aku note deh, nanti kalau mau liburan cari refrensi hotel di blog-nya mbak aja. Ulasannya lengkap. Diskripsinya bikin aku bisa bener-bener kebayang serunya sarapan di Novotel sambil menikmati ornamen desain resto yang ciamik. Btw caranya biar bisa dapet korting 30% gimana mbak? Hehehe

  21. Kak blognya keren banget. sangat menginspirasi. Informasi dan ulisannya runtut dan lengkap, foto-fotonya juga kece bangett. keren banget kak. terima kasih sdh mengnspirasi ^^

  22. Jujur, walaupun bolak balik jogja enggak pernah nginep di hotel karena keluarga besar di Jogja semua. Alhasil muter nginep dari rumah keluarga satu ke keluarga lain. Tapi begitu lihat postingan ini langsung mendadak pengen honeymoon kedua #eh. Hehehe. Novotel emang top deh

  23. Wau Tempatnya Kaeknya asik nie jadi nggak ngebosenin baik untuk nongkrong atau rapat dg rekan bisnis, Jogja memang Top.

    Penataan makanannya juga apik menambah selera dan pastinya bagus untuk di foto 🙂

  24. Beberapa waktu yang lalu, saya juga sempat menginap di salah satu hotel berbintang lima di Jakarta dan mereka menyediakan Jamu Stasion, lengkap dengan mbok jamunya. Kaget campur senang tentunya dan saya pun langsung mengambil segelas. Ternyata, jamu juga bisa naik kelas, lho.

  25. Wah asyik ya, sekarang emang banyak banger hotel yang restorannya menyediakan menu all you can eat, jadi memang betul-betul memanjakan perut ya hehe, apalagi kalo ditunjang dengan fasilitas yang nyaman, duh kumplit deh, jadi betah berlama-lama.

  26. Senengnya makan di hotel itu bukan cuma kenyang. Suasananya itu kadang memang dibutuhkan buat refresh dari penat. Setelah lihat tulisan ini, kok jadi pengen sarapan di hotel yak. Hahaha

  27. Mendengar nama Novotel saya terus ingat akan tarifnya. hahahaha..siapa yang nggak kenal sih dengan nama Novotel. Hotel bintang lima yang selalu memiliki rangking atas di antara hotel-hotel lainnya.

    Saya pernah sekali nginap di hotel Novotel, tapi bukan di Yogya sih. Di sumbar, acara kantor Pak suami, dan sarapan paginya sangat memnjakan lidah. Banyak pilihan dan maknyus.

  28. Keren ya hotelnya. Belum pernah nyobain hotel seperti ini. Menunya lumayan ok sepertinya. Semoga suatu saat bisa mencicipi berbagai menu Di Sana. Senang ya bisa nginep Di hotel yg seperti ini.

  29. Belum pernah ngerasain yang di Yogyakarta. Boleh juga nih kapan-kapan kalo ke sana. Note dulu. Tunggu suasana kondusif.

  30. Waktu tinggal di kampung tahu nya kalau restoram di hotel iti khusus buat tamu hotel saja, tapi ternyata tidak bisa untuk umum juga.
    Dan menurutku harganya cukup ramah karena bisa sepuasnya. Hehe.
    Walau ada hotel yang membatasi juga untuk makana tertentu kena cas.

  31. Cakep banget hotelnya. Designnya bagus. Makanannya enak-enak, ya. Jadi pengen juga kayak yang difoto. Menarik banget ada jamunya juga. Pasti macam-macam, ya, saya sukanya kunyit asam sama beras kencur kalau produk jamu.

  32. Buffetnya Novotel Suites terlihat menggiurkan sekali mba. Aku paling ngiler liat baby potato dan jamurnyah. Jadi penasaran kalau dinner menunya apa aja hehe.

  33. kalau sarapan di hotel, saya gak mau kelewat dengan aneka rotinya dan pastrynya hihihih.
    beneran ya Mbak, hotel sekarang rerata menyediakan jamu, udah sadar dan yakin ya kalau jamu tu banyak khasiatnya tuk tubuh 🙂

  34. Hotelnya keliatannya mewah ya. Kerenlah desainnya. Menu-menunya juga oke tuh apalagi dilengkapi juga dengan minuman jamu. Unik sekali. Jadi pengen deh ngerasain staycation di hotel ini.

  35. Wahhh, detil sekali ini.
    Seneng klo ada hotel yang menyediakan granola dan muesli, itu bahan campuran favorit saya di rumah klo bikin overnight oat.
    Setiap menginap di hotel, saya pun selalu mengutamakan makanan yang western. Ngaak tau kenapa. Mungkin karena jarang makan yang seperti itu kali ya.

    Untuk jamu hotel, umunya yang disajikan itu yang sachet, jadi wajar rasanya kalau tidak terlalu autentik. Tapi nggak tahu deh klo yang di Novotel ini 🙂

  36. Mbakkuuu kangen review hotel sama mbak hehe. Ih ini restonya keren banget yah, nuasanya mewah banget. Eh pas liat menunya kok suka banget ini, worth it banget Rp. 150ribu all you can eat. Eh ada potongan harganya lagi uhuuy mantaap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *