Grand Kangen Hotel Urip Sumoharjo Yogyakarta

WHAT A SURPRISE: NICE STAYCATION EXPERIENCE AT HOTEL GRAND KANGEN JOGJA

ALWAYS MISSING YOU

Halo Sahabat HOTELICIUS~ Sampai saat ini, pandemi belum kunjung usai. Sabar, yaa… Yuk, kita semua berdoa supaya pandemi ini lekas berakhir, dan sebentar lagi akan jadi normal kembali. Aamiin… Jika saatnya nanti bisa staycation lagi, ada beberapa referensi hotel jogja yang bisa kamu inapi. Salah satunya adalah GRAND KANGEN HOTEL URIP SUMOHARJO YOGYAKARTA. Sebelum pandemi, hotel ini rame karena lokasinya strategis: ada di tengah kota. Tepatnya di Jl. Urip Sumoharjo No. 137 Kota Yogyakarta, DIY. Aku udah coba staycation di hotel ini. Kali ini, aku akan menceritakan pengalaman menginap di hotel ini, ya!

Lobby & Receptio Area Hotel Grand Kangen Jogja

MEET THE LOBBY

“Authentic Indonesian Hotel In Yogyakarta.”

Jadi gini, Gaes… Lobby & Receptionist Area HOTEL GRAND KANGEN JOGJA ini bersebelahan dengan restorannya, namanya SIUNG RESTAURANT. Satu hal yang bakal kita rasakan begitu masuk ke lobby area adalah suasananya yang jogja banget. Hotel ini sendiri mengklaim bahwa mereka mengusung tema industrial. Memang terlihat dari beberapa dekorasi dan desain bagian atapnya. Tapi memang ada spot yang vintage, ada yang modern juga. Jadi mix gitu lho…

Lobby & Receptionist Area dan Siung Restaurant hanya dibatasi oleh partisi unik. Dengan cerdasnya, partisi yang menghadap ke lobby digunakan untuk meletakkan papan nama Siung Restaurant. Sedangkan partisi yang menghadap restaurant digunakan untuk meletakkan ornament gunungan dan potret para Sultan. Multi fungsi, keren banget idenya! Karena partisinya nggak menutup semua, kesan ruangan pun jadi lega..

dekorasi di lobby hotel grand kangen jogja

Area lobby cukup luas dengan beberapa sofa dan single chair. Jadi kursinya itu nggak cuma yang terlihat di foto, ya. *Sorry aku nggak motret, tapi nanti bisa dilihat di video yang aku upload di IG @hotelicius. Dekorasi di lobby area ini cukup detil, loh. Contohnya, partisi dengan banyak dekorasi di salah satu bagian ruangannya. Walaupun detil dan banyak printilannya, tapi nggak keliatan kalau ribet gitu. Malah kesannya bagus…

Ada aksesoris yang Jawa banget: wayang dan gunungan. Tapi nggak tau ya wayangnya itu bisa dimainin atau enggak… Sebenernya di bagian lain hotel ini dekorasinya juga detil loh. Cuman aku nggak sempet motret, keenakan ngadem di kamar hehe, maafkan yaa. Btw, ini kok sofanya kosong? Lihat foto lainnya dong, bund, aku juga foto di situ kok. Diphotoin sama bang @ipulsoedibjoe (waktu itu). Ayok dong bang, kapan-kapan kita review hotel bareng ya, tapi review yang (((tenanan))).

#

*

ENJOY MY COMFORT ROOM AT HOTEL GRAND KANGEN JOGJA

Seperti biasa, aku pesan melalui TRAVELOKA, aplikasi yang dipake sejuta umat buat nyari hotel dengan harga miring. Aku sengaja memesan kamar Superior Room. Kamar yang luasannya nggak terlalu besar… Alasan lainnya adalah, biar nggak cape jalan bolak-balik ke kamar mandi. Soalnya aku lumayan sering ke kamar mandi, apalagi kalo’ malem…

Setelah sampai di hotel, proses check-in berjalan seperti biasanya. Aku sengaja minta kamar di lantai tinggi, dan setelah check-in, aku segera menuju lantai tujuh tempat kamarku berada. Sejak pertama kali masuk, saya sudah merasa ada KEJANGGALAN dengan calon kamar yang saya tempati ini. Rasanya, kok luasan kamarnya terlalu besar untuk tipe kamar superior.

Aku segera konfirmasi kepada staf hotel. TERNYATA KAMAR SAYA UPGRADE KE DELUXE ROOM! Oh, Thank You, Hotel Grand Kangen Jogja. Suka bikin surprise deh…

“Oh, happy banget karena kamarku di-upgrade dari Superior Room ke Deluxe Room! Terima kasih banyak, Grand Kangen Hotel.”

 

 

detil kamar superior di hotel grand kangen jogja

sofa di sudut kamar deluxe

HOTEL GRAND KANGEN JOGJA juga memberikan welcome greeting card yang diletakkan di atas meja kerja. Vibes di kamar agak beda dengan di lobby maupun restaurant, desain kamar jauhhh lebih simple dan minimalis. Mungkin karena untuk istirahat, jadi nggak banyak dekorasi atau ornament. Tapi lebih terasa kesan industrialnya, sih. Kesan tradisionalnya hadir pada bed scraft yang bercorak batik dengan warna agak terang. Di beberapa sudutnya instgramable, sayangnya aku nggak foto karena (((NGGAK NGAJAK FOTOGRAFER))).

Di kamar yang aku inapi ini cukup luas. Di kanan-kiri bed masih cukup lapang, masih bisa ditambahkan extra bed (kalau butuh). Ada meja kerja dengan kursi yang nyaman, dan dilengkapi dengan satu single sofa

KALIAN SALFOK SAMA KAMAR MANDINYA NGGAK, SIH?

Walaupun fotonya cuma secuil tapi keliatan kan uniknya. Selain salfok sama cermin bulat yang jarang banget ada di hotel, ada mural juga di sana. Yes, Mural! Digambar manual pake tangan, bukan wallpaper. Di sini kesan industrialnya kerasa banget. Ukuran kamar mandi nggak terlalu besar. Tersedia toilet, washtafel dengan cermin, shower area dengan air panas, dan toiletries pastinya.

kamar mandi hotel grand kangen jogja bergaya industrial

Kamar ini minusnya cuma satu: AC Berisik. Sedih banget kalau dapet kamar yang ac-nya berisik. Aku memilih mematikan ac ketika tidur, karena aku nggak bisa tidur kalau ada suara ac yang berisik. Beruntungnya aku tipe orang yang bisa tidur walaupun nggak pake ac. Masalahnya kamar ini jendelanya nggak bisa dibuka, jadi nggak ada udara yang masuk.

Kebayang kan gimana pengap dan panasnya. And, yeah, seperti dugaan kalian, aku bangun tengah malam karena kepanasan, HAHAHA! Aku sudah menyampaikan keluhan ini ke pihak hotel secara langsung, ya. Dan pihak hotel berjanji akan memperbaiki layanannya lebih baik lagi.

FASILITAS KAMAR

TV & AC

Desk & Chair

Water Kettle (Ketel Air)

Blackout Drapes / Curtains (Jendela dengan Tirai / Gorden)

Tempat Sampah

Tissue

Dll

Air minum kemasan cuma-cuma

The / Kopi / Gula cuma-cuma

welcome treatment hotel bintang tiga

NICE WELCOME CAKE AND AFTERNOON SNACK FROM HOTEL GRAND KANGEN JOGJA

Sebelum istirahat di kamar, aku menyempatkan foto-foto dan video interior kamar. Biasa, buat ngonten… Di tengah-tengah ngonten, pintu kamarku diketok. Seorang waiter berdiri di depan pintu kamarku. Kebetulan saat itu pintunya kubuka lebar-lebar. Oh, apa lagi inih? Pikirku… Ternyata aku dapat Welcome Cake! Seneng banget deh… walaupun nggak ulang tahun tapi dapet kue, hehehe. Kuenya juga cantik, dan ada welcome greeting-nya, jadi sayang deh mau makan kuehnya. Tapi harus tetep dimakan dong yaa… Kuenya enak dan lembut, taste-nya nggak terlalu manis tapi aku suka.

“Sweet little treat that warms our heart.”

Dan surprise belum berhenti sampai situ, dong. Menjelang sore, kembali pintu kamar saya diketok-ketok, yang dateng waiter lagi. Kali ini apa, ya? Gumam saya… Oh, aku dapet afternoon snack: tahu isi dengan dua jenis sambal. Mood banget kan liat gorengannya. Tahu gorengnya guede-guede, dijajar lalu ditusuk dengan batang serai. Soal rasanya sih juara banget! Sambelnya juga enak, terdiri dari dua jenis yaitu sambel bawang dan sambel asam manis (kalo’ nggak salah). Ini dimakan pake nasi putih hangat enak bangettt udeehhh.

“Seneng deh sama penyambutan Grand Kangen Hotel Jogja. Jadi berkesan banget di hati…”

DI INSTAGRAM @HOTELICIUS, BANYAK YANG NANYA, APAKAH SEMUA TAMU DAPAT WELCOME TREATMENT INI?

Ternyata, welcome treatment ini hanya diberikan spesial untuk Loyal Customer. Tapi jika tamu berkenan, nanti bisa request pada saat reservasi. Oh, ya, kalian bisa langsung pesen direc booking ke hotel, salah satunya via web www.grandkangen.com.

#

siung restaurant hotel grand kangen jogja

UPPER-CLASS RECIPES FOR YOUR APPETITE

SIUNG RESTAURANT

Oke, karena ini masih pagi, kita mulai dari sarapan… Makan pagi di hotel ini digelar di SIUNG RESTAURANT, resto ini berada satu lantai dengan lobby area. Resto ini menyediakan menu masakan fresh from the kitchen. Sarapan disajikan a la buffet untuk sarapan bagi tamu yang menginap. Resto ini juga bisa dikunjungi oleh tamu yang tidak menginap, dan bisa memesan menu-menu a la carte.

Masakan yang disajikan didominasi masakan Indonesia. Rasanya emang lokal banget, sih… Ada sensasi “makanan rumahan”. Kalau cita rasanya, bagiku b aja namun tetap sesuai dengan standar hotel bintang tiga kok. Sajiannya juga cukup lengkap, lho… Ada nasi, lauk pauk, dan sayuran, dan pelengkap-pelengkapnya seperti acar, sambal, atau kerupuk, −layaknya sarapan ala Indonesia. Ada pula roti dan sereal kalau mau sarapan ala-ala western.

SIUNG RESTAURANT juga menyediakan dessert: pilihannya ada buah dan pudding. Menariknya, di sini ada stall jamu tradisional. Yang paling laris sih jamu beras kencur, yang konon ampuh bikin badan seger lagi. Karena aku kurang suka sama jamu beras kencur, jadi nggak nyicipin… Untuk minuman lainnya standar lah ya, ada teh, kopi, susu, dan aneka jus.

area siung reataurant

breakfast at siung restaurant

SIUNG RESTAURANT mengusung gaya interior ala home dining yang dibalut dengan sentuhan arsitektur modern-industrial, namun ada nuansa tradisionalnya juga. Hampir sama kayak lobby-nya, sih… Ambience terasa melekat sempurna untuk menemani siapa pun pada waktu sarapan, makan siang, maupun makan malam.

ORNAMEN GUNUNGAN JOGJA berwarna jingga menyala sebagai dekorasi pada salah satu partisi cukup menarik perhatian setiap pengunjung. Pada ornamen gunungan itu ada 10 foto. Mereka ialah Raja-Raja Jogja mulai dari Sultan ke-I sampai ke-X. Rasa-rasanya, hotel yang majang potret Sultan Jogja, hanya hotel ini deh… Dan ini jadi ciri khas HOTEL GRAND KANGEN JOGJA.

Berasa makan bareng para sultan yaaa??? Ah lebay ^^ enggak kok, biasa ajaaa…

Waktu saya makan di Siung Resto, masih dalam suasana pandemi. Tapi di hotel ini sudah boleh makan dine-in. Tentu Hotel Grand Kangen Jogja menerapkan prosedur kesehatan, termasuk saat sarapan. Setiap tamu diberikan sarung tangan plastik. Untuk set tempat duduknya ada yang pake kursi kayu, ada yang pake kursi sofa, lebih nyaman yang pake kursi sofa pastinyaaa.

Siung Restaurant Hotel Grand Kangen Jogja buka setiap hari mulai jam 06.00 – 23.00.

 

Baca Juga :

Delicious Breakfast at Lawang Resto: Sarapan di Hotel Yellow Star Ambarrukmo Yogyakarta

aren coffee shop kedai kopi di hotel bintang tiga jogja

AREN COFFEE SHOP

Masih di area Siung Restaurant Hotel Grand Kangen Jogja. Ada kedai kopi yang diberi nama AREN COFFEE SHOP. Di sini, pengunjung bisa menikmati berbagai jenis minuman kopi pilihan dan kudapan lezat. Bareng teman atau keluarga makin seru! Kedai kopi ini menempati area balkon, jadi ini semi-outdoor gitu lho…

Kalau secara desain sih masih satu nafas dengan restorannya, tapi lebih ke dark mood. Dekorasi di area ini juga detil banget… Aku suka area ini karena tjakeup buat pepotoan. Ada beberapa menu kopi di sini. Kalau kamu bingung pilihnya, pesan aja signature coffee-nya.

#

outdoor area siung resto dan aren coffee shop

FASILITAS LAIN DI GRAND KANGEN HOTEL JOGJA

EVERYONE DESERVES ACCESS TO HEALTHCARE

BED ROOM

Grand Kangen Hotel Urip Sumoharjo Yogyakarta menyediakan beberapa tipe kamar: Standar Room, Superior Room, Deluxe Room, hingga Suite Room, semuanya berjumlah 108 Kamar.

SWIMMING POOL

Kolam Renang semi-outdoor dengan kedalaman 1,5 Meter.

 DALIA SPA

Perawatan special menggunakan bahan-bahan alami dan ditangani oleh para terapist yang ahli dalam bidangnya.

 MEETING ROOM

Grand Kangen Hotel Urip Sumoharjo Yogyakarta memiliki tiga meeting room dan 1 ballroom. Uniknya nama-nama ruang menggunakan nama pantai yang ada di Jogja. Krakal Meeting Room (luas 56 m2 kapasitas 50 orang), Baron Meeting Room (luas 65 m2 kapasitas 60 orang), Kukup Meeting Room (luas 96 m2 kapasitas 70 orang), dan Wediombo Ballroom (luas 216 m2 kapasitas 150 orang).

#

*

ALAMAT HOTEL GRAND KANGEN JOGJA

Jl. Urip Sumoharjo No. 137 Kota Yogyakarta, DIY.

Three Star Hotel ⭐️⭐️⭐️ in Yogyakarta

[ MAP ]

INSTAGRAM @grandkangenjogja

More Photo and Story about Grand Kangen Hotel Urip Sumoharjo Yogyakarta? Search with hashtag #hoteliciusxGrandKangenJogja

− Rifia Nisya / Hotelicius –

Grand Kangen Hotel Urip Sumoharjo Yogyakarta. Januari 2021.

Comments

  1. Sayang AC nya berisik ya mba. Aku ga mungkin matiin AC Krn ga kuat panas. JD pasti aku bakal minta ganti kamar kalo dpt AC yg berisik ATO bermasalah. Buatku itu nomor 1 kalo staycation :D.

    Tapi aku suka dengan interiornya, apalagi yg ada foto2 para sultan… Jadi kayak mengingat kembali urutan2 Sultan yg berkuasa 😀

  2. Senengnya kalau staycation tuh seperti hotel grand kangen jogja, semua bisa kita lakukan di area hotel tanpa harus kemana-kemana dan poin penting banget buatku adalah kenyamanan. Apalagi bisa spa juga, kesukaanku tuh.

  3. Suka sekali lihat oramennya yang ‘jawa banget’. Apalagi ada foto=foto sultan yang dapat memberikan keindahan sekaligus wawasan. Semoga bisa berkunjung ke sana setelah pandemi ini reda.

  4. Wah setelah baca kok jadi ngiler pingin juga nginap di Grand Kangen Hotel sepertinya nyaman.

    Kalau untuk bulan madu kayaknya asik ini bisa jadi kenangan tersendiri, apalagi banyak tempat untuk bersua Foto.

  5. Ya Allah kangen staycation di Jogja suasana hotelnya ngangenin banget sih, smoga pandemi segera berlalu ya bisa jalan bebas lagi tanpa worry, pengen ke hotel ini cantik pisan..

  6. Udah merencanakan ke Jogja bulan ini tapi apa daya corona makin mengganas. Kangen banget bisa staycation di hotel, Jogja pula. Yuk yuk corona segera berlalu

  7. Kangen banget jalan-jalan.. palagi Jogja gitu loo..
    Kota dengan segala kenangannya ((padahal gak pernah tinggal lama di Jogja siih))

    Tapi paling puas kalau menginap di hotel yang pelayanannya totalitas.
    Sampai upgrade kamar loo..
    Mantap, Grand Kangen Hotel Urip Sumoharjo Yogyakarta.

  8. Wah liat ini mendadak kangen jogja 😭
    Ternyata aku udah lama engga liburan kesana
    Sumpah dulu pas masih sekolah pengen banget buat tinggal dijogja biar engga pusing” nyari tempat liburan wkwkwk random banget emang
    Eh btw hotelnya indonesia banget ya, area coffe shopnya bagus banget gilak! Bakalan lupa waktu itu kalo nongkrong disana wkwkwk

  9. Sebelum pandemi, sempat punya rencana pengin liburan ke Jogja sama anak-anak naik kereta dari Jakarta. Sayangnya, pandeminya datang tanpa diundang dan belum lekas pulang 🙁 Kangen pengin jalan-jalan. Next, kalau traveling bisa menginap di Grand Kangen Urip Sumoharjo, nih. Adem banget ya lihatnya, nyaman banget….

  10. Kok bisa upgrade kamar, Mbak? Karena loyal konsumen, kah? Ah, senengnyaaaaa…
    Apalagi dapat kejutan demi kejutan. Dijamin check out timbangan geser kanan deh kalau aku. Hihi.

  11. yeaayy, senang banget ya Mbaak, banyak kejutan yang diberikan, benar-benar bikin kangen seperti nama hotelnya pasti nih.
    tapi kok gak tayangin view luar kamarnyaa Mbak? kalau dari lantai atas-atas kan biasanya cakep tuh viewnya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *