PanaHouse Surabaya

UNIQUE BOUTIQUE GUEST HOUSE IN SURABAYA: PANAHOUSE SURABAYA

 

Halo Sahabat Hotelicius! Kembali lagi ke ulasan peraduan duniawi tentunya bareng HOTELICIUS, Your Hotel Reference. Hhmmm, rasanya udah lama ya kita nggak bahas hotel di luar Kota Jogja. Okey! Kali ini, saya akan membawa kalian ke Kota Pahlawan, dan mencoba bermalam di sebuah guest house minimalis, unik nan menarik di kota ini. Terus, kok tiba-tiba saya ada di Surabaya, sih? Honestly, saya berkunjung ke kota ini karena ada agenda kerja sosial, motret untuk satu lembaga sosial di Surabaya. Guest house yang saya inapi namanya PANAHOUSE SURABAYA. Penginapan ini terletak di Jl. Gayung Kebonsari No. 61 – 65 Surabaya, Jawa Timur. Mudah untuk menemukan penginapan ini karena bangunan PanaHouse Surabaya terlihat berbeda diantara bangunan di sekitarnya.

 OKE! Kita langsung check in yuk…

 #

PANAHOUSE SURABAYA, UNIQUE IN EVERYTHING

 

Desain penginapan ini dirancang dengan gaya modern, fasadnya bergaya urban. Dari bagian luar udah kelihatan banget tuh… Jadi penasaran pengen lihat bagian dalamnya nggak sih? Pastinya! Nanti aku tunjukkan lewat foto-foto, ya… Dengan kesederhanaannya, PANAHOUSE SURABAYA memberikan kesan homey kepada para tamunya. Interiornya sih menarik banget! Nggak heran penginapan ini jadi favorit kaum milenial.

“A Boutique Guest House with a minimalist, modern design, and abundance of lush greenery, is ideal for travellers looking for a homely hideaway.”

Begitu sampai di PANAHOUSE SURABAYA, saya langsung disambut ramah oleh staf yang bertugas di garda terdepan #kayakmauperangaja. Staf langsung mengecek suhu tubuh dan mempersilakan cuci tangan dan/atau memakai hand sanitizer. Karena masih di masa pandemi, jadi protokol kesehatan di PanaHouse Surabaya cukup ketat.

 

Staf yang super santun itu menawarkan untuk membantu membawakan tas saya. Tapi karena saya hanya membawa satu tas besar, tapi isinya cuma seperempatnya aja (karena baju-baju saya lagi di-laundy), yaudah saya memilih untuk membawanya sendiri #timbanganengrepoti. Saya langsung menuju front office area untuk check in, staff resepsionisnya ramah dan helpful.

Tidak jauh beda dengan penginapan lainnya, proses check in sat set (cepet). Ada formulir yang harus diisi, yaitu formulir standar untuk hotel, dan satu lagi formulir kesehatan. Memang di masa pandemi ini ada formulir untuk controlling kesehatan, kayaknya ini standar protokol kesehatan bagi hotel maupun penginapan. Di penginapan ini, tamu wajib meninggalkan deposit sebesar 50K, yang akan dikembalikan lagi pada saat check out (jika tidak ada tagihan tambahan).

CHECK IN TIME 14.00 WIB

CHECK OUT TIME 12.00 WIB

Meskipun front office nggak terlalu besar, PANAHOUSE SURABAYA berhasil menyulapnya menjadi ruangan yang menyenangkan. Ada beberapa kursi tunggu, tapi nggak banyak. Kalo’ pas lagi rame, kamu bisa menunggu di Nangoma Canteen, masih satu lantai dengan front office. Sebenernya saya sudah bisa masuk kamar, tapi saya tergoda untuk menimkati suasana di Nangoma Canteen.

“Penginapan ini tidak terlalu besar, tapi menginap di PanaHouse Surabaya jadi pengalaman yang menarik karena hotel ini unik sekali.”

 

#

 

A UNIQUE BOUTIQUE PREMIUM GUEST HOUSE

 

Kamar saya ada di lantai 3. Untuk naik ke lantai 3, pengunjung bisa lewat tangga, atau lewat koridor ramah lansia dan disabilitas. Unik banget pokoknya! Saya memilih untuk lewat koridor unik ala PANAHOUSE SURABAYA. Rasanya menyenangkan sekali berjalan di lorong-lorong itu. Apalagi di lorong tersebut banyak tumbuhan hijau. Oh, ya, penginapan ini nggak ada lift-nya, jadi kalian jangan kaget lantas protes karena nggak ada lift. Tapi saran saya untuk pihak penginapan, sebaiknya hal ini dijelaskan di situs-situs OTA, biar enggak kecele.

“PanaHouse have 37 rooms, offers several types of accommodation.”

PANAHOUSE SURABAYA terdiri dari tiga lantai, dan tersedia 37 kamar. Ada lima tipe kamar di PanaHouse Surabaya, penyebutannya juga unik. Yaitu SENANG ROOM untuk tipe kamar Superior (luas 16 m2) dan Superior Corner (luas 21 m2). GEMBIRA ROOM untuk tipe kamar Deluxe (luas 19 m2) dan Deluxe Premium (luas 22 m2). Lalu BAHAGIA ROOM untuk tipe kamar Suite Room (luas 29 m2), khusus suites room ini ada mini bar plus private balcony. Kali ini, saya menempati kamar Senang Room, Tipe Superior Room.

#

[ ]

GOOD MORNING! WELCOME THE DAY WITH A GRATEFUL HEART

 

Nah, saatnya melihat yang saya inapi, SENANG ROOM. Kamarnya cantik, temboknya perpaduan warna-warna pastel: pink, grey, white, dan green. Nuansanya memang “hijau” karena di dalam kamar ada tanaman hidup. Ada dua pot kosong, sepertinya sebelumnya ada tanaman tapi kini kosong seperti hatimu. Susunan furniturnya rapi dan seperti masih baru, sehingga kesan yang terasa juga baru. Kamar ini pas banget buat saya, yang menginap sendirian, dengan barang yang tidak terlalu banyak.

Kamar yang saya tempati ini cukup nyaman. Memang kamarnya kecil, luasnya hanya 16 m2, dan maksimal untuk dua orang. But, this room is not that bad… Kasur dan selimutnya empuk, nyaman. Sampe kamar, bawaannya pengen langsung nyusruk kasur. Btw, do you know nyusruk? AC-nya dingin dan nggak berisik… Buat saya, AC dingin dan nggak berisik itu nilai +plus banget, karena saya nggak bisa tidur kalau AC-nya berisik. Tapi sesuai namanya, saya SENANG stay di kamar ini. Cocok banget-lah sama kebutuhan akomodasi saya.

[ ]

“SLEEP WELL EAT WELL”

 

Di sudut ruangan dekat jendela, ada writing desk alias meja kerja, cukup tinggi. Dilengkapi dengan kursi besi yang tinggi juga. Kursinya terlihat kurang ergonomis, terutama bila digunakan lama-lama. Karena tujuan utama saya memang untuk menginap dan istirahat, saya nggak terlalu lama berkutik di spot itu. Saluran TV tersedia TV Cable, dan yeah, bener banget! Saya nyantai sambil nonton TV.

Di kamar ada complimentary 2 botol air mineral @ 250ml. Dan disediakan sepasang slippers, alias sandal kamar ala hotel itu loh… In room facilities lainnya ada gantungan baju minimalis, lampu tidur, dan IDD Telephone. Untuk colokan ada beberapa di sekitar writing desk, tepatnya di bagian bawah. Kalo’ di sekitar bed, saya menemukan satu colokan.

 

[ ]

 

Kalo’ ada masalah di kamar, jangan sungkan telepon room service, servisnya buka 24 jam. Kalo’ nggak sempet cuci baju, ada layanan laundry yang bisa dimanfaatkan (harga di luar harga kamar). Butuh setrika dan papan setrika? Calling aja room servis, bakal dipinjamkan kok…

Kamar saya menghadap ke bagian depan hotel, dari jendela kita bisa lihat jalanan depan dan pemandangan kota. Yang kelihatan dari sana mayoritas pepohonan (dan crane), jadi vibes-nya lebih seger juga. Saya seneng banget lihat pemandangan dari jendela.

 

#

THE BATH ROOM

Kamar mandinya juga minimalis (baca: kecil), bahkan washtafel berada di luar kamar mandi. Tapi bukan berarti kebersihannya nggak terjaga, malah sebenernya cukup bersih, kok. Desain washtafel area juga nggak sembarangan, dipasang cermin bundar dan desain lantai yang lucu. Cuma, amenitiesnya kurang lengkap. Hanya ada yang penting-penting aja: 1 pcs tooth brush & tooth paste, dan 1 pcs bar soap.

Liquid soap +plus shampoo & conditioner jadi satu, ditempatkan di dispenser (eh apasih namanya) yang ditempelkan di dinding di dalam kamar mandi. Tapi yang bikin senang ada shower facility with hot and cold water. Air panasnya juga cepet panasnya dan nggak berbatas waktu. Jadi, waktu itu saya mandi dan sampoan malem-malem, dan air panasnya masih nyala. Duh, rasanya rileks banget…

 

#

BREAKFAST IS THE MOST IMPORTANT MEAL OF THE DAY

 

Untuk breakfast di hotel budget itu memang style-nya beda-beda. Di Jogja, meski berlabel hotel budget tapi ada hotel yang mengusung breakfast all you can eat. Salah satunya, Hotel Brothers Inn Babarsari. Review-nya juga pernah saya tulis di blog INI. Cuman, karena lagi masa pandemi, banyak hotel di Jogja yang menganti konsepnya. Ternyata, begitu juga di PANAHOUSE SURABAYA.

Menu sarapan di sini sudah disiapkan per porsi, dan akan diantarkan langsung ke kamar. Sebelum waktu breakfast, staf akan menelepon dan menanyakan mau sarapan apa. Menunya bisa milih walau terbatas, pilihan makanannya cuma ada dua: nasi goreng atau mie goreng, begitu juga pilihan minumannya: teh atau kopi. Aku pilih nasi goreng dan teh, ofcourse… Bisa request mau diantar jam berapa, saya minta sarapan saya diantar jam delapan tit.

[ ]

BREKAFAST MENU AT PANAHOUSE SURABAYA

 

Dan beneran dong, sarapan saya datengnya jam delapan tit. Menu nasi goreng terdiri dari nasi goreng dengan topping telor mata sapi, dan sosis & nugget, +plus lalapan dan kerupuk. Dari segi rasa, menurut saya biasa aja tapi lumayan banget untuk sarapan di penginapan budget. Tapi kayaknya ada salah komunikasi antara saya dan staf, soalnya saya dapet dua porsi sarapan. Mungkin mereka nggak tahu kalau saya nginep sendirian.

Nasinya jelas nggak bisa saya habiskan sendiri. Kenyang, bok! Tapi topping-nya saya makan juga, lumayan. Teh hangatnya juga saya habiskan sendirian, memang saya anaknya doyan banget minum teh. Yang disajikan tipikal teh nasgithel, dengan cangkir blek loreng, kalo zaman now namanya cangkir enamel instagramable lalala yeyeye. Boutique banget kan, rasanya kayak sarapan di rumah simbah, nggak sih?

[ ]

#

 

NANGOMA CANTEEN

THE BEST MEMORIES ARE MADE ARROUND THE TABLE

 

“Enjoy breakfast, lunch, and dinner with a wide selection of foods and drinks reminisce of your everyday home style cooking.”

Sebelum pandemi, sarapan digelar di area NANGOMA CANTEEN, all you can eat. Di masa pandemi, breakfast disiapkan per porsi dan diantar ke kamar, seperti yang saya ceritakan di atas. BTW, Nangoma Canteen juga menerima tamu dari luar (tidak ngingap). Dan mereka bisa pesen menu-menu di Nangoma Canteen. Tempatnya cozy banget, jadinya jujugan favorit anak-anak muda (dan tyda muda) di Surabaya. Apalagi tempat instagramable, bisalah buat apdet-apdet di sosmed.

Nangoma Canteen ini satu area dengan KOPI KOMPLEK COFFEE CORNER. Yang mana konsepnya memang kolaborasi gitu, Gaes. Bisa ngopi, nonki, sambil makan di area ini, deh! Banyak jenis kopi di sini, kalo’ bingung milihnya tinggal minta rekomendasi baristanya. Harga makanan dan minuman di Nangoma Canteen & Kopi Komplek ini terjangkau banget. Mulai dari 15K, kamu bisa makan kenyang, atau minum kopi kesukaanmu. Kapasitas Nangoma Canteen & Kopi Komplek ini maksimal 50 seat.

Waktu pertama kali datang ke PANAHOUSE SURABAYA, saya dapet special treatment dari Nangoma Canteen. Saya dapet paket lunch, yaitu seporsi nasi goreng, −yang porsinya buanyakkk byangettt, dan segelas es sirop (enggak tau namanya). Mantappp kan… Kalo’ kamu pengen dapet special treatment saat menginap di sini, kamu bisa hubungi pihak hotelnya terlebih dahulu.

 

 

#

CO-WORKING SPACE & FUNCTIONAL ROOM

 

PanaHouse Surabaya juga punya co-working space in board style, namanya SUKA HATI ROOM. Sa ae nih yang kasih nama-nama lucu untuk ruangan-ruangan di sini. Co-working space ini bisa jadi ruang meeting juga, dengan kapasitas maksimal 12 orang. Kalo’ butuh ruang yang agak gedean, bisa pake NANGOMA FUNCTIONAL ROOM in classroom style, yang berkapasitas 30 orang.

“Paket lengkap nih kalo’ nginap di PanaHouse Surabaya. Karena penginapan ini punya tempat nongkrong yang asyique.”

 

[ ]

 

#

 

OH, YA, GIMANA KONEKSI WIFI-NYA?

Don’t worry! Di PanaHouse ini ada koneksi wifi gratis di semua area untuk para tamu, password wifi dikasih pas check in. Kecepatannya juga lumayan, tapi sering logout sendiri… Ya tinggal login lagi aja sih, ngono kok repot

 

HOTEL FEATURES

Layanan lain dari penginapan ini antara lain : Tour & Travel, City Tour Service, Mail & Postage Service, Airport Transport Service (pick up and drop by request), Vallet Parking.

#

 

ALAMAT PANAHOUSE SURABAYA

Jl. Gayung Kebonsari No. 61 – 65 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

INSTAGRAM @panahouse_id | TELP. +62 31 825 19000

EMAIL : info@panahouse.co.id

[ Map ]

PanaHouse Surabaya punya tempat parkir kendaraan roda empat di bagian depan gedung. Mayan luas sih, muat parkir delapan sampai sepuluhan mobil. Ada parkir kendaraan roda dua di bagian belakang, barangkali bisa untuk parkir kendaraan roda empat pas sepi…

More Photo and Story about PanaHouse Surabaya? Search with hashtag #hoteliciusxPanaHouseSBY

− Rifia Nisya / Hotelicius –

PanaHouse Surabaya. September 2021.

More Photo and Story about PanaHouse Surabaya? Search with hashtag #hoteliciusxPanaHouseSBY

Don’t copy any materials in this blog without permission

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *